VISI SEKOLAH
“TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERIMAN, CERDAS, TERAMPIL, MANDIRI, BERBUDAYA, BERKARAKTER DAN BERWAWASAN GLOBAL”
MISI SEKOLAH
- Meningkatkan Pembinaan Pengamalan Nilai-nilai Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
- Mengembangkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif dengan mendayagunakan iptek dan lingkungan sehingga mampu meningkatkan potensi secara optimal.
- Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat dan potensi peserta didik.
- Pengembangan Sarana dan Prasarana yang mendukung dapat Terselenggaranya Kegiatan Pembelajaran yang Berhasil Guna dan Berdaya Guna.
- Menumbuh kembangkan karakter warga sekolah yang religius, cerdas, disiplin, sopan santun, patriotisme dan cinta tanah air.
- Profesional pendidik dan tenaga kependidikan sehingga memperoleh sumber daya yang berkualitas.
- Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiayaan, kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
- Menciptakan Lingkungan Sekolah yang demokratis, bersih, sehat, asri, nyaman dan berbudaya nasional.
- Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lembaga lain yang terkait.
- Meningkatkan partisipasi orang tua, masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan mutu pendidikan.
- Mengembangkan program unggulan yaitu:
* Akademik : Pengembangan sains
* Non Akademik : Mengembangkan unggulan lokal dan global
NILAI-NILAI INTI (CORE VALUE) SEKOLAH
- Turut mempertahankan kearifan budaya lokal,
- Turut melestarikan alat-alat musik tradisional dan produk kerajinan khas daerah.
1. Potensi Lingkungan
- Dekat dengan daerah wisata kampung tradisional,
- Dekat dengan obyek wisata air terjun Ogi yang mengundang banyak turis lokal dan manca negara yang datang berkunjung.
2. Keunikan (ciri khas) Sekolah
- Lingkungan sekolah yang indah, asri, dan sejuk,
- Disekitar sekolah banyak ditemui meubler, rumah produksi tahu tempe, pengrajin batu bata, pasar induk, pertamina, puskesmas, dan PLTD,
- Bangunan sekolah mengikuti gaya arsitektur Ngada.
3. Keunggulan Sekolah
- Memiliki Ruangan Laboratorium IPA beserta kelengkapan alat-alat praktek,
- Memiliki Ruangan Perpustakaan Sekolah.
4. Kekuatan sekolah
- Lokasi sekolah sangat strategis dan berada pada jalur perlintasan menuju pasar induk kota, PLTD, Pertamina, lokasi obyek wisata kampung tradisional serta obyek wisata air terjun OGI,
- Jenis transportasi yang digunakan yaitu angkot dan ojek,
- Peserta didik berasal dari berbagai macam suku, agama, ras, adat istiadat dan bahasa.
- Tenaga pendidik dan kependidikan berasal dari Perguruan Tinggi dengan kualifikasi Sarjana (S1, S2).
BRANDING SEKOLAH
“Sekolah berbasis Budaya Lokal”
1. Alasan Pemilihan Branding
- Karena banyak peserta didik yang kurang mengenal budaya lokal,alat-alat musik tradisional dan produk kerajinan khas daerah,
- Karena potensi dan aset yang dimiliki sekolah memungkinkan untuk mendukung pelaksanaan branding tersebut;
- Terdapat Surat Edaran Pemda Ngada tentang penggunaan bahasa daerah setiap hari Jumat (Surat Edaran No. 130.01/APU/99/08/2016).
2. Nilai-Nilai Utama Karakter Yang Diprioritaskan Dalam Branding Sekolah :
a. Religius
- Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
- Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
- Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
b. Gotong Royong
- Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
- Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
- Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
c. Nasionalisme
- Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
- Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
d. Integritas
- Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
- Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
- Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
- Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
- Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
- Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
e. Kemandirian
- Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
- Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
- Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
- Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
Terima Kasih