Profil Sekolah

VISI SEKOLAH

“TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERIMAN, CERDAS, TERAMPIL, MANDIRI, BERBUDAYA, BERKARAKTER DAN BERWAWASAN GLOBAL”

MISI SEKOLAH

  1. Meningkatkan Pembinaan Pengamalan Nilai-nilai Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif dengan mendayagunakan iptek dan lingkungan sehingga mampu meningkatkan potensi secara optimal.
  3. Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat dan potensi peserta didik.
  4. Pengembangan Sarana dan Prasarana yang mendukung dapat Terselenggaranya Kegiatan Pembelajaran yang Berhasil Guna dan Berdaya Guna.
  5. Menumbuh kembangkan karakter warga sekolah yang religius, cerdas, disiplin, sopan santun, patriotisme dan cinta tanah air.
  6. Profesional pendidik dan tenaga kependidikan sehingga memperoleh sumber daya yang berkualitas.
  7. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiayaan, kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
  8. Menciptakan Lingkungan Sekolah yang demokratis, bersih, sehat, asri, nyaman dan  berbudaya nasional.
  9. Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lembaga lain yang terkait.
  10. Meningkatkan partisipasi orang tua, masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan mutu pendidikan.
  11. Mengembangkan program unggulan yaitu:
    * Akademik : Pengembangan sains
    * Non Akademik : Mengembangkan unggulan lokal dan global

NILAI-NILAI INTI (CORE VALUE) SEKOLAH

  • Turut mempertahankan kearifan budaya lokal,
  • Turut melestarikan alat-alat musik tradisional dan produk kerajinan khas daerah.
    1. Potensi Lingkungan
  • Dekat dengan daerah wisata kampung tradisional,
  • Dekat dengan obyek wisata air terjun Ogi yang mengundang banyak turis lokal dan manca negara yang datang berkunjung.
    2. Keunikan (ciri khas) Sekolah
  • Lingkungan sekolah yang indah, asri, dan sejuk,
  • Disekitar sekolah banyak ditemui meubler, rumah produksi tahu tempe, pengrajin batu bata, pasar induk, pertamina, puskesmas, dan PLTD,
  • Bangunan sekolah mengikuti gaya arsitektur Ngada.
    3. Keunggulan Sekolah
  • Memiliki Ruangan Laboratorium IPA beserta kelengkapan alat-alat praktek,
  • Memiliki Ruangan Perpustakaan Sekolah.
    4. Kekuatan sekolah
  • Lokasi sekolah sangat strategis dan berada pada jalur perlintasan menuju pasar induk kota, PLTD, Pertamina,  lokasi obyek wisata kampung tradisional serta obyek wisata air terjun OGI,
  • Jenis transportasi yang digunakan yaitu angkot dan ojek,
  • Peserta didik berasal dari berbagai macam suku, agama, ras, adat istiadat dan bahasa.
  • Tenaga pendidik dan kependidikan berasal dari Perguruan Tinggi dengan  kualifikasi Sarjana (S1, S2).

    BRANDING SEKOLAH

    Sekolah berbasis Budaya Lokal”

    1. Alasan Pemilihan Branding
  • Karena banyak peserta didik yang kurang mengenal budaya lokal,alat-alat musik tradisional dan produk kerajinan khas daerah,
  • Karena potensi dan aset yang dimiliki sekolah memungkinkan untuk mendukung pelaksanaan branding tersebut;
  • Terdapat Surat Edaran Pemda Ngada tentang penggunaan bahasa daerah setiap hari Jumat (Surat Edaran No. 130.01/APU/99/08/2016).
    2. Nilai-Nilai Utama Karakter Yang Diprioritaskan Dalam Branding Sekolah :
    a. Religius
  • Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  • Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
  • Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
    b. Gotong Royong
  • Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
  • Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
  • Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
    c. Nasionalisme
  • Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
  • Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
    d. Integritas
  • Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
  • Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
  • Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
  • Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.
  • Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
  • Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
    e. Kemandirian
  • Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
  • Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
  • Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
  • Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar

    Terima Kasih